Sistem pemerintahan negara swedia.



A.    Pendahuluan.
Kerajaan swedia adalah negara terbesar diantara ketiga skandinavia danjuga merupakan negara skandanavia yang paling padat penduduknya. Pantai timur yang menghadap ke teluk bothnia dan laut baltik, sementara pantai baratnya adalah jalur perairan menuju laut utara. Daratan utama swedia berbatasan dengan norwegia dan laut terdapat pegunungan kolen yang salah satu puncaknya merupakan yang tertinggi banyak bergunung-gunung. Wilayah ini merupakan daratan tinggi dan secara bertahap menandai membentuk daratan rendah. Pencairan telah menghasilkan banyak danau di wilayah swedia. Swedia memiliki lebih 4.000 danau yang berukuran lebih dari 1km. Sementara danau terluas, danau vanern, memiliki luas 5.585km. swedia juga memiliki banyak sungai. Sebagian besar aliran  sungai menuju kearah timur dan bermuara di teluk bothnia dan laut baltik.
Hampir separo wilayah swedia merupakan hutan. Sebagian besar hutan di wilayah utara. Swedia memanfaatkan denan sangat baik sumber daya alam ini. Swedia menjadi produsen kertas dan perkayuan. Banyak pabrik pengolahan kayu terdapat di sepanjang pantai timur. Lahan pertanian swedia terbatas, hanya sekitar tujuh persen dari seluruh daratan. Namun, melalui teknik intensif, swedia mampu memenuhi kebutuhan pangannya. Gandum, jelai, dan kentang tumbuh dengan baik.babi dan sapi menjadi andalan peternakan. Swedia memenuhin 53% kebutuhan listriknya melalui pembangkit hidroelektrik. Sebagian besar energi ini di manfaatkan oleh sektor industri diantaranya di tambang mineral. Swedia memiliki banyak logam besi dan logam lainnya. Namun, cadangan minyak dan batu bara tidak ada.
Kota terbesar, stockholm telah lama menjadi ibu kota selama 600 tahunya. Kota ini di bangun di atas serangkain pulau yang di hubungkan ke tempat-tempat lain di daratan utama  melalui jembatan-jembatanyang beraksitektur kunodan modern sehingga menjadikan stockhom menjadi salah satu kota yang indah di dunia. Stockholm juga menjadi pelabuhan terbesar ke-dua di swedia, sekaligus daerah industri terbesar di swedia yang memproduksi mesin-mesin, teknologi komputer serta telepon modern, pruduk kimia, dan produksi baja. Lembaga pembuat undang-undang nasional, riksdag, berkator pusat di stockholm. Sementara istana resmi kerajaan persis di luar kota stocholm. Pelabuhan terbesar di swedia terdapat di kota gothenburg yng terletak di pantai barat. Terletak di paling ujung selatan swedia, malmo menjadi pelabuahn utama sekaligus pusat perdagangan. Kota ini tampak akan semakin maju setelah jalur penghubung sepanjang 15,5 km, disebut oresund fixed link, selesai dibangun pada tahun 2000kontruksi luar biasa ini terdiri atas terowongan sepanjang 3,5km, jembatan sepanjang 7,8 km, dan 4km pulau buatan yang menghubungkan malmo dan ibu kota denmark, copenhagen. Jalur penghubung ini menghubungkan swedia dengan daratan utama eropa melalui jalur kerta api dan jalan raya. Adanya jalur penghubung langsung ini memungkinkan swedia sepenuhnya berintegrasi dengan daratan eropa sejak bergabung dengan uni eropa pada tahun 1995.
B.     Pembahasan.
1.letak geografi negara swedia.
Swedia terletak di seeblah barat laut baltik dan teluk bothnia, letak ini memberikan garis pantai yang panjang, dan membentuk bagian timur semenanjung skandanavia bagi wilayah swedia. Di barat adalah rantai pegunungan skandinavia(skanderna),rentang yang memisahkan antara swedia dan norwegia. Negara ini memiliki perbatasan maritim dengan denmark, jerman, polandia, rusia, lithuania, latvia dan estonia. Swedia terletak di antara garis lintang 55 dan 70 N, dan sebagian besar antara bujur 11 dan 25 E(bagian dari spora pulau drammen hanya barat dari 11).
Pada 449.964km(173.732sq mi), swedia adalah negara terbesar ke-55 di dunia, negara ke-4 terbesar di seluruh eropa, dan terbesar di eropa utara. Elevasi terendah di swedia adalah di teeluk danau hammarsjon, dekat kristianstad, pada-2,41m di bawah permukaan laut. Titik tertinggi yaitu di kebnekaise di 2.111m di atas permukaan laut.  Swedia memiliki 25 provinsi atau lanskap, berdasarkan budaya,geografi dan sejarah. Sementara provinsi-provinsi ini melayani tujuan politik atau adminitratif, mereka memerankan peran penting dalam identitas masyarakat. Provinsi-provinsi di kelompokkan bersama dalam tiga lahan yang besar yaitu norrland utara , tengah dan sveland gotaland selatan. Yang jarang penduduknya yaitu di daerah norrland mencakupn hampir 60% dari negara.
Sekitar 15% dari swedia terltak di utar dari lingkaran artik. Swedia selatan di dominasi o.eh sektor pertanian, dengan meningkatkan cakupan hutan utara. Sekitar 65% dari total luas lahan swedia ditutupin oleh hutan. Kepadatan tertinggi terdapat di wilayah oresund di swedia selatan,di sepanjang pantai barat hingga tengah bohuslan, dan di lembah danau malaren dan stockholm. Gotland dan oland adalah danau terbesar di swedia, vanern adalah yang terbesar ke tiga di eropa, setalah danau ladoga dan onega di rusia. Iklim skandaniavia mounAtains sebagian besar swedia memiliki iklim subtropis, meskipun lintang utara memiliki empat musim yang berbeda dan suhu ringan yang sepanjang tahun. Negara ini dapat dibagi tiga jenis iklim, bagian selatan memiliki iklim laut, bagian tengah memiliki iklim benua lembab dan bagian selatan memilki iklim subartic. Namun swedia jauh lebih hangat dan lebih kering dari pada tempat lain di lintang yang sama, dan bahkan agak lebih jauh ke selatan. Sebagai contoh, tengah dan selatan memiliki musim dingin jauh lebih hangat dari pada banyak rusia, kanada, dan amerika serikat utara karena lintang tinggi, panjang siang bervariasi dari uatar ke selatan. Bagian selatan dan tengah negara swedia memiliki musim panas yang hangat dan musim dingindengan suhu tinggi rata-rata 20 sampai 25 C di musim panas, dan suhu rata-rata -4 sampai 2 C di musim dingin. Suhu tertinggi yang pernah terjadi di swedia adalah 38 C di malila tahun 1947, sedangkan suhu terdingin yang pernah tercatat adalah -52,6C. Rata-rata, sebagian besar swedia menerima antara 500 dan 800 mm curah hujan setiap tahun, sehingga jauh lebih kering dari rata-rata global.
            2.sejarah berdirinya negara swedia.
Yang paling awal menyebutkan sejarah swedia di temukan dalam tacitus yang germania, dimana referensi di buat untuk raja dan armada yang kuat dari sviones. Pada abad ke11, olaf skottkonung menjadi raja swedia untuk di baptis sebagai orang kristen. Sekitar tahun 1400 ada upaya untuk menyatukan swedia, norwegia dan denmark menjadi satu kerajaan, tapi ini menjadi perselisihan sengit antar denmark dan swedia. Pada tahun 1520raja kristian II dari kerajaan denmark berhasil menaklukan swedia. Gustafus vasa (1523-1560) memisahkan diri dari denmark dan masa kuno negara menjadi negar swedia modern. Ia juga menyita properti dari gereja katolik roma di swedia untuk membayar utang perang swedia. Raja membenarkan dirinya atas dasar doktrin martin luther, yang diterima dengan dorongan kerajaan. Lutheran swedia gereja akhirnya di adopsi sebagai agama negara.
Swedia memainkan peran utama dalam fase ke-dua(1630-1635) perang tiga puluh tahun (1618-1648) dengan perjanjian westphalia (1648), swedia di peoleh pomerania barat dan beberapa negara di baltik. Pada tahun 1700, sebuah koalisi polandia, rusia , dan denmark bersatu melawan sweadia dan oleh perdamaian nisyad (1721) di paksa untuk melepaskan livonia, ingnia, estinia dan bagian dari wilayah finlandia. Swedia muncul dari perang napoleon dengan perolehan norwegia dari denmark dan dari dinasti kerajaan baru yang berasal dari marsekal jean bernatdotte dari perancis, yang menjadi raja charles XIV (1818-1844). Persatuan buatan antara swedia dan norwegia menyababkan hubungan yang tidak nyaman, dan serikat pekerja itu akhirnya di bubarkan pada tahun 1905. Swedia mempertahankan posisi netralitas pada perang dunia kedua.
Kebijakan sosialis dominasi swedia untuk sebagian besar abad ke-20 dan ke-21 sruktur rumit legislasi kesejahteraan, di tiru olh banyak negara yang lebih besar, dimulai dengan pembentukan pensiun hari tua pada tahun 1911. Kemakmuran ekonomi berdasarkan kebijakan netral yang diaktiflan swedia, bersama-sama dengan norwegia, untuk pelopor dalam progam keamanan kerja kesehatan masyarakat, perumahan, dan empat puluh tahun pemerintahan sosialis berakhir pada tahun 1976 dengan pemilihan koalisi konservatif yang dipimpin oleh thorbjorn falldin. Kaum sosialis yang kembali berkuasa dalam pemilihan pada tahun 1982, tapi perdana menteri olof palme,seorang sosialis, dibunuh oleh pria bersenjata pada 28 februari 1986. Kebijakan dalam negeri sosialis palme yang dilakuakn oleh penggantinya ingvar carlsson. Pemilu di september 1991 di gulingkan oleh golongan sosial demokrat(sosialis) dari kekuasaan. Koalisi baru dari empat partai konservatif berjanji untuk mengurangi pajak dan meningkatkan kesejahtaraan negara, tetapi tidak mengubah netraliatas tradisional swedia. Pada septamber 1994 sosial demokrat muncul lagi setalah tiga tahun sebagai partai oposisi.
Dalam referendum 1994 pemilih menyetujui bergabung dengan uni eropa. Meskipun mendukung serikat moneter eropa, swedia memutuskan untuk tidak mengadopsi euro ketika memulai debutnya pada tahun 1999 dan ditolak lagi pada september 2003.
Sosial partai demokrat dan pemimpinnya, perdana menteri goran persson, mudah memenangi pemilihan president pada september 2002. Sosial demokrat kiri-tengah telah telah menjalankan roda pemerintah enam dari tujuh dekade terakhir. Semua itu berubah ketika aliansi tengah-kanan yang dipimpin oleh fredrik reinfeldt konservatif, pemimpin partai moderat , memenangkan pemilu pada tahun 2006.
Parlemen mengesahkan undang-undang pada bulan april 2009 melegalkan pernikahan sesama jenis. Ketika hukum mulai berlaku pada tanggal 1mei, swedia menjadi negara ke-5 pernikahan gay. Pada bulan september 2010 pemilihan parlemen untuk pertama kalinya. Pemilu tidak meyakinkan sebagai koalisi tengah-kanan perdana menteri reinfeldt tidak memenangkan mayoritas kursi. Ia mengulurkan tangan untuk pihak lain untuk membentuk pemerintahan minoritas.
3. Bentuk negara Swedia.
            Swedia adalah sebuah negara monarki konstutisional, dimana raja adalah kepala negara, tetapi kekuasaan kerajaan telah lama terbatas pada fungsi seremonial  dan refresentatif.swedia menempeti posisi ke-4 pada tahun 2010 dalam indeks demokrasi dari 167 negara.legislatif bangsa ini bernama riksdag( parlemen swedia ) dengan  349 anggota mereka memilih perdana menteri. Pemilihan parlementer di pilih setiap empat tahun sekali.tugas raja di negara ini ialah semata-mata bersifat representatif dan seremonial,  raja sekarang tidak lagi bisa menunjuk perdana menteri, raja hanya bisa menbuka sidang tahunan riksdag, ketua dewan khusus yang diadakan selama perubahan pemerintahan, memegang dewan informasi reguler dengan perdana menteri dan kabinet, memimpin pertemuan dewan luar negeri, dan menerima surat kepercayaan dari luar negeri.
            Sedangkan tugas riksdag ialah memegang kekuasaan tertinggi swedia modern sesuai dengan konstitusi, bertanggung jawab untuk memilih perdana menteri, yang kemudian menunjuk departemen kepala. Kekuasaan legislatif di jalankan oleh riksdag, sedangkan kekuasaaan eksekutif di jalankan oleh perdana menteri dan kabinet.swedia memiliki judicial review wajib, meskipun review non wajib dilakukan oleh lagradet ( dewan hukum )sebagian besar dihormati dalam hal teknis tapi kurang begitu dihormati dalam hal politik yang kontroversial. kisah riksdag dan keputusan pemerintahan dapat dibuat tiadak berlaku pada setiap tingkat jika mereka nyata terhadap hukum konstitusional. Namun, karena pembatasan dalam bentuk jucial review dan pengadilan yang lemah, hal ini memiliki konsikuensi praktis kecil.
Elgislasi dapat dimulai oleh kabinet atau oleh anggota riksdag. Anggotanya dapat di pilih berdasarkan perwakialan proporsional untuk masa jabatan empat tahun. Konstitusi swedia dapat diubah oleh riksdag, yang membutuhkan mayoritas sederhana tapi mutlak dua suara yang terpisah. Swedia mempunyai empat hukum yaitu:
·         Instrumen pemerintah.
·         UU royal suksesi.
·         Kebebasan UU pers.
·         UU dasar tentang kebesan berekpresi.
Partai sosial demokrat swedia memainkan peran politik termuka sejak tahun 1917, setelah reformis telah di konvermasikan seluruh kekuatan dan kaum revolusioner meninggalkan pertai. Setelah tahun 1932 selurauh bagian telah dikuasai oleh partai demokrat sosial. Hanya lima pemilihan umum (1976, 1979, 1991, 2006, dan 2010) telah memberikan blok kanan-tengah cukup kursi di rikssdag untuk membentuk sistem pemerintahan. Namun, karena kinerja ekonomi yang buruk sejak tahun 1970-an dan terutama sejak krisis fiskal awal 1990-an, sistem politik swedia telah menjadi kurang satu sisi, dan lebih seperti negara-negara eropa lainnya.
Dalam pemilihan umum ditahun 2006 partai moderat, bersekutu dengan pertai pusat, partai rakyat liberal, dan partai kristen demokrat membentuk aliansi kanan-tengan dan swedia dan memenangkan mayoritas suara di pemilihan umum. Mereka bersama-sama membentuk pemerintahan mayoritas dibawah kepemimpinan pemimpin partai moderat yaitu fredrik reinfeldt. Peda pemilihan umum 2010 aliansi berpendapat trhadap blok kiri terpadu yang terdiri dari partai sosial demokrat,.
            Berikut ini adalah komposisi saat ini partai riksdag, yang diselanggakan oleh spekrum politik kedalam kategori tengah-kanan dan kiri tengah yaitu:
            Partai kanan-tengah:
·         Pertai moderata (samlingspartiet).
·         Liberal party (folkpartiet liberalema).
·         Pertai usat (centerpertiet).
·         Demokat kriten (kristdemokraterna).
·         Demokrat swedia (sviregededemokraterna).
Partai kiri-tengah:
·         Sosial demokrat (sosialdemokraterna).
·         The green milinartiet.
Jumlah pemilihan di swedia selalu tinggi dengan perbandingan internasional, meskipun telah menurun dalam beberapa tahun terakhir, dan saat ini sekitar 80% (80,11% pada tahun dan 81,99% pada tahun 2006). Polisi swedia menikmati tingakat kepercayaan yang tinggi dari warga pada tahun 1960, namun, tingkat kepercayaan terus menurun dari tahun ke tahun dan sekarang pada tingkat yang jauh lebih rendah dari pada tetangga skandinavia.  
            Beberapa tokoh telah banyak dikenal di kancah internasional, diantaranya Raoul wallenberg, Folke bernadotte, mantan sekertaris jendral PBB Dag hammarskjold, mantan perdana menteri Olof palme, mantan perdana menteri dan menteri luar negeri Carl bildt, mantan president majelis umum PBB Jan eliasson, dan mantan badan energi atom internasional irak inspektur Hans blix.
            4.Sistem pemerintahan negara Swedia.
            Kerajaan swedia atau biasa dikenal konungariket sverige dalam bahasa swedia adalah sebuah negara nordik di skandanavia yang beribu kota adalah stockholm. Didalam sistem pemerintahan negara ini kepala negara adalah sebuah jabatan individual atau kolektif yang menpunyai peraranan sebagai wakil tertinggi dari sebuah negara seperti republik , monarki, federasi, persekutuan atau bentuk-bentuk lainnya. Kepala negara mempunyai tanggung jawab dan hak politisyang ditetapkan sesuai dangan kontitusi negara. Oleh karena itu, pada dasar kepala negara dapat dibedakan menjadi kontitusi berbeda pada negara tertentu.
            Negara ini mempunyai president dan perdana menteri yang sailng   membagi tanggung jawab dan hak dalam pemerintahan. President menunjuk perdana menteri  yang akan membentuk kabinet. Perdana menteri secara konstitusional bertanggung jawab kepada parlemen, namun tak dapat dipecat oleh parlemen dan parlemen juga tak dapat meminta pertanggung jawaban president.
            5.sistem politik negara swedia.
            Swedia adalah negara monarki kostitusional. Artinya swedia masih mengakui keberadaan raja atau ratu sebagai pemimpin mereka. Saat ini swedia memiliki seorang kepala negara bernama Carl gustaf folke hubertus. Walau memiliki raja dalam negara , raja tidak mempunyai kuasa penuh dalam memimpin pemerintahan, kekuasaan raja hanya sebatas funngsi representatif dan seremonial.
            Badan legislatif negara ini berupa riksdag, yaitu suatu parlemen yang berisi anggota orang-orang dari beragam partai, misalnya partai liberal, moderat, dan kristen moderat. Secara garis besar, riksdag mememiliki wewenang unituk mengamibl keputusan dalam negeri. Selain itu, riksdag juga bertugas unutk menunjuk perdana menteri serta mengesahkan undang-undang.
            Mengingat untuk lebih jelasnya sistem politik dan pemerintahan yang ada swedia, berikut adalah poin-poin penting mengenal konstitusi, eksiusi, dan legislatif:
·         Konstitusi
Swedia memiliki 4 aturan atau undang-undang hukum dasar. Pertama adalah instrument pemerintahan 1974, undang-undang pengganti 1809, undang-undang kebesaan pers 1766, dan yang terakhir adalah undang-undang kebesan berpendapat 1991.
·         Badan eksekutif.
Badan eksekutif negara swedia terdiri atas seorang raja swedia yang memiliki tugas representatif. Bila raja ini nantinya meninggal atau habis masa jabatan, maka akan digantikan oleh pewaris tahta yang tak lain adalah anaknya sendiri.
·         Kepala pemerintahan
Kepala pemerintahan swedia adalah perdana menteri. Dalam menjalnkan tugas-tugasnya ia akan didampingi oleh seorang wakil perdana menteri.
·         Pemerintahan
Pemerintahan swedia yang dipimpin perdana menteri juga dikontrol oleh sekitar 22 menteri di segala bidang. Bila perdana menteri di tunjuk langsung oleh riksdag, maka ke-22 menteri yang bekerja di pemerintahan akan di pilih berdasarkan kebijakan perdana menteri itu sendiri.
·         Badan legislatif.
Badan legislatif negara swedia adalah riksdag. Parlemen ini memilki 349 anggota dari beberapa partai dan pemilihannya selalu di gelar 4 tahun sekali, biasanya sekitar bulan september.
            Beberapa partai di swedia yang berhasil memenangkan pemilu terakhir yang di selanggarakan pada 2010 lalu. Msalnya partai demokrat swedia yang berhasil mendapatkan kursi majelis atau riksdag sebanyak 20 kursi. Padahal sebelumnya pad 2006 partai ini hanya memperoleh suara sebanyak 2,9%.
            Pemunculan atau penderian partai inimerupakan kelanjutan dari suatu gerakan bernama “swedia hanya untuk swedia”. Gerakan ini didirikan oleh sekelompok orang yang tidak senang dengan kedatangan kaum imigran. Mereka mendirikan gerakan tersebut pad tahun 1979. Sebagian besar pendirinya merupakan bekas anggota organisasi yang mendukung gerakan dan aksi lain yang pro neo nazi.
            Sebelum partai demokrat yang mulai berduri pad tahun 1988 tidak pernah mendapatkan dukungan dari rakyat. Bahkan lebih sering mendapat sasaran politik dan kemarahan akibat gerakan neo nazi mereka. Namun beberapa tahun yang lalu, para petinggi partai itu menyusun progam dan gerakan retroika lain yang memojokan agama islam. Padahal pada saat bersamaan di eropa sedang muncul isu-isu yang menyebut islam berasal dari sumber terorisme dan menimbulkan berbagai macam kerusuhan dan permasalahan lain di dunia.demi meraih dukungan dari rakyat, mereka tidak sumkan melakukan kritikan secara membabi buta pada tahun imigran, terutama dari kalangan islam
6. ekonomi negera swedia
            Swedia adalah negara terkaya ke-7 didunia menurut PDB (pendapatan domestik bruto) perkapita dan tingginya standar hidup yang dirasakan oleh warga negaranya. Swedia adalah negara ekonomi campuran yang berbasis ekspor. Kayu, air dan bijih besi adalah sumber daya alam utama. Sektor rekayasa swedia menyumbang 50% pengeluaran sedangkan telemonikasi, sedangkan telemonikasi, otomotif, dan fermasi juga sangat penting. Swedia adlah pengekspor senjata terbesar ke-9 didunia. Pertanian menyumbang 2%PDB dan angkatan kerja. Negar ini berada di posisi tertinggi untuk penetrasi akses telepon dan internet.
            Pada tahun 2010 pendapatan negar ini adalah terendah ke-3 diantara negara maju dengan 0,25 sehingga kesenjangan pendapatan di negara ini rendah. Namun, koefensien kekayaan swedia adalah 0,853 menjadikan negar tertinggi di negar maju di atas ata-rata eropa, menyebabkan kesenjangan kekayaan tinggi.
            Dari strukturnya, ekonomi swedia dikareksasikan pada sektor manufaktur berorientasi ekspor berbasis pengtahuan, sektor jasa bisnis, dan sektor pelayanan publik. Organisasi besar, baikmanufaktur dan jasa mendominasi ekonomi swedia. Manufaktur teknologi medium dan tinggi menyumbang 9,9%PDB.
            Pertunbuhan PDB swedia, 1996-2006
            Sekitar 4,5 juta penduduk swedia memiliki pekerjaan dan sekitar sepertiga angkatan kerja menyelesaikan pendidikan tinggi.dalam hal PDB per jam kerja, swedia menempati posisi ke-9 tertinggi tahun2006. PDB per jam kerja tumbuh 2,5% pertahun dan pertumbuhan produktivitas neraca dagang sekitar 2%. Menurut OECD, deregurasi, globalisasi dan pertumbuhan sektor teknologi menjadi produktivitas utama. Swedia adalah pemimpin dunia dalam hal privatisasi pensiun dan masalah pendanaan pensiun relatif kecil di bandingkan negara-negar eropa di dunia.
            Total pajak yang dikumpulkan negara ini sebagai presentasi PDB pernah mencapai puncaknya pada tahun 1990 yaitu 52,3%. Negar ini mengalami krisis perbankan dan real estat pada tahun 1990-1991, dan kemudian meluncurkan reformasi pajak pada tahun 1991. Sejak tahun 1990, pajak sebagai presentase PDB yang dikumpulkan negar semakin berkurang, dengan total tingkat pajak dari pendapatan tertinggi mebgalami penurunan terbanyak. Pada tahun 2010 45,8% PDB negar dikumpulkan dari pajak. Tertinggi ke-2 dari negara-negara OECD dan hampir 2x lipat dari amerika dan korea selatan.
            Swedia mempertahan mata uangnya (krona swedia ) sebagai bagian dari penolakan euro pada sebuah referendum. Maka didirikan riksbank pada tahun 1668 dan menjadi bank sentral tertua di dunia dan saat ini berfokus pada stabilitas harga dengantarget insflansi 2% persen menurut survei ekonomi swedia 2007 oleh OECD,  insflansi negara ini rata-rata adalah yang terendah diantara negar-negara eropa sejak pertengahan 1990-an, berkat deregurasi dan mengikuti glibalisasi.mitra dagang negar ini adalah jerman, amerika serikat, norwegia, inggris, denmark, dan finlandia.
Penutup.
A.    Kesimpulan
Kerjaan swedia atau konungariket dalam bahasa swedia adalah sebuah negara nordik di wilayah skandinavia, yang beribu kota stockholm. Negara ini berbatasan dengan norwegia di berat dan finlandia di timur laut, selat skagerrak di barat daya, serta laut baltik dan teluk bothnia di barat laut.
.
Pada 449.964km(173.732sq mi), swedia adalah negara terbesar ke-55 di dunia, negara ke-4 terbesar di seluruh eropa, dan terbesar di eropa utara. Elevasi terendah di swedia adalah di teeluk danau hammarsjon, dekat kristianstad, pada-2,41m di bawah permukaan laut. Titik tertinggi yaitu di kebnekaise di 2.111m di atas permukaan laut.  Swedia memiliki 25 provinsi atau lanskap, berdasarkan budaya,geografi dan sejarah. Sementara provinsi-provinsi ini melayani tujuan politik atau adminitratif, mereka memerankan peran penting dalam identitas masyarakat. Provinsi-provinsi di kelompokkan bersama dalam tiga lahan yang besar yaitu norrland utara , tengah dan sveland gotaland selatan. Yang jarang penduduknya yaitu di daerah norrland mencakupn hampir 60% dari negara.
Swedia adalah sebuah negara monarki konstutisional, dimana raja adalah kepala negara, tetapi kekuasaan kerajaan telah lama terbatas pada fungsi seremonial  dan refresentatif.swedia menempeti posisi ke-4 pada tahun 2010 dalam indeks demokrasi dari 167 negara.legislatif bangsa ini bernama riksdag( parlemen swedia ) dengan  349 anggota mereka memilih perdana menteri. Pemilihan parlementer di pilih setiap empat tahun sekali.tugas raja di negara ini ialah semata-mata bersifat representatif dan seremonial,  raja sekarang tidak lagi bisa menunjuk perdana menteri, raja hanya bisa menbuka sidang tahunan riksdag, ketua dewan khusus yang diadakan selama perubahan pemerintahan, memegang dewan informasi reguler dengan perdana menteri dan kabinet, memimpin pertemuan dewan luar negeri, dan menerima surat kepercayaan dari luar negeri.
Berikut ini adalah komposisi saat ini partai riksdag, yang diselanggakan oleh spekrum politik kedalam kategori tengah-kanan dan kiri tengah yaitu:
            Partai kanan-tengah:
·         Pertai moderata (samlingspartiet).
·         Liberal party (folkpartiet liberalema).
·         Pertai usat (centerpertiet).
·         Demokat kriten (kristdemokraterna).
·         Demokrat swedia (sviregededemokraterna).
Partai kiri-tengah:
·         Sosial demokrat (sosialdemokraterna).
·         The green milinartiet.
Swedia adalah negara terkaya ke-7 didunia menurut PDB (pendapatan domestik bruto) perkapita dan tingginya standar hidup yang dirasakan oleh warga negaranya. Swedia adalah negara ekonomi campuran yang berbasis ekspor. Kayu, air dan bijih besi adalah sumber daya alam utama. Sektor rekayasa swedia menyumbang 50% pengeluaran sedangkan telemonikasi, sedangkan telemonikasi, otomotif, dan fermasi juga sangat penting. Swedia adlah pengekspor senjata terbesar ke-9 didunia. Pertanian menyumbang 2%PDB dan angkatan kerja. Negar ini berada di posisi tertinggi untuk penetrasi akses telepon dan internet.
B.     Catatan penting.
Swedia adalah sebuah negara monarki konstutisional, dimana raja adalah kepala negara, tetapi kekuasaan kerajaan telah lama terbatas pada fungsi seremonial  dan refresentatif.swedia menempeti posisi ke-4 pada tahun 2010 dalam indeks demokrasi dari 167 negara.legislatif bangsa ini bernama riksdag( parlemen swedia ) dengan  349 anggota mereka memilih perdana menteri
Berikut adalah poin-poin penting mengenal konstitusi, eksiusi, dan legislatif dalam siistem politik dan pemerintahan yang ada di swedia:
·         Konstitusi
Swedia memiliki 4 aturan atau undang-undang hukum dasar. Pertama adalah instrument pemerintahan 1974, undang-undang pengganti 1809, undang-undang kebesaan pers 1766, dan yang terakhir adalah undang-undang kebesan berpendapat 1991.
·         Badan eksekutif.
Badan eksekutif negara swedia terdiri atas seorang raja swedia yang memiliki tugas representatif. Bila raja ini nantinya meninggal atau habis masa jabatan, maka akan digantikan oleh pewaris tahta yang tak lain adalah anaknya sendiri.
·         Kepala pemerintahan
Kepala pemerintahan swedia adalah perdana menteri. Dalam menjalnkan tugas-tugasnya ia akan didampingi oleh seorang wakil perdana menteri.
·         Pemerintahan
Pemerintahan swedia yang dipimpin perdana menteri juga dikontrol oleh sekitar 22 menteri di segala bidang. Bila perdana menteri di tunjuk langsung oleh riksdag, maka ke-22 menteri yang bekerja di pemerintahan akan di pilih berdasarkan kebijakan perdana menteri itu sendiri.
·         Badan legislatif.
Badan legislatif negara swedia adalah riksdag. Parlemen ini memilki 349 anggota dari beberapa partai dan pemilihannya selalu di gelar 4 tahun sekali, biasanya sekitar bulan september.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ayat Al-Quran yang berkaitan dengan diplomasi islam

Food Security (keamanan pangan)